Jika bisnis Anda belum ada di TikTok, tidak diragukan lagi pertanyaan terbesar Anda adalah:
benarkah?
Kami memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan.
Kami selalu mengajukan satu pertanyaan:
Haruskah bisnis saya ada di TikTok?
Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah "ya".
Posting blog ini tidak akan banyak berguna jika kita membiarkannya begitu saja, bukan?
Baca terus untuk jawaban yang lebih bernuansa, di mana kami akan memberi Anda kerangka kerja untuk mengevaluasi apakah TikTok tepat untuk Anda dan memberikan contoh organisasi - dari industri jasa keuangan hingga pemerintah daerah - yang telah menemukan audiens setia di platform unik ini.
Pertanyaan untuk diri sendiri sebelum bergabung dengan TikTok
Anda mungkin sudah mengelola beberapa platform media sosial untuk merek Anda.
Yang baru bermunculan setiap saat, jadi apa yang istimewa dari TikTok?
Cukup banyak sebenarnya, tapi kita akan kembali lagi nanti.
Pertama, lihat pertanyaan yang kami kumpulkan untuk membantu Anda mengevaluasi TikTok dan memutuskan apakah Anda setuju atau tidak.
Apakah audiens saya ada di platform?
Lakukan riset dengan mendaftar ke akun TikTok pribadi dan cari tahu siapa yang menggunakan platform dan bagaimana caranya.
Lihat siapa yang ada di industri atau industri Anda dan lihat apakah ada pesaing. Hanya karena mereka melakukannya tidak berarti Anda harus, tentu saja, tetapi itu bisa menjadi tanda bahwa itu patut dicoba.
Dapatkah saya memberikan nilai kepada audiens saya di TikTok?
Setelah Anda menentukan audiens Anda terlibat, Anda perlu mencari tahu apakah Anda dapat memberi mereka sesuatu yang mereka inginkan atau butuhkan.
TikTok tidak seperti platform lainnya - promosi penjualan yang mencolok atau terdengar korporat tidak sesuai. Pikirkan tentang jenis konten apa yang paling berhasil di TikTok, lalu pikirkan apakah Anda dan tim Anda dapat mengirimkannya.
Apakah investasi waktu dan sumber daya itu sepadan?
Terlepas dari apa yang Anda kirim atau siapa yang bertanggung jawab untuk mengirimkannya, membutuhkan waktu, uang, dan sumber daya lainnya.
Meskipun pengguna Tik Tok menyukai konten asli dan produksi minimal, masih ada investasi untuk membuat video yang cerdas dan menarik.
Pertimbangkan sumber daya apa yang perlu Anda investasikan dalam saluran baru ini dan apakah Anda memiliki kemampuan internal untuk memilikinya.
Dapatkah saya melakukan hal-hal di TikTok yang tidak dapat saya lakukan di saluran saya saat ini?
TikTok menawarkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru yang mungkin disukai audiens Anda. Ini mempopulerkan video vertikal bentuk pendek, yang memiliki nada yang sangat berbeda dari platform lain.
Apakah Anda memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan suara atau gaya merek Anda? Tentu saja Tetapi juga tanyakan pada diri Anda apakah sesuatu yang baru akan berharga bagi bisnis Anda.
Apakah TikTok dan fitur yang ditawarkannya kompatibel dengan tujuan media sosial saya?
Tujuan Anda adalah inti dari strategi media sosial Anda, dan jaringan sosial yang Anda pilih harus sesuai dengan tujuan tersebut.
Anda mungkin pernah mendengar bahwa TikTok luar biasa karena jangkauan organiknya. Tapi itu tidak semua. Ini juga merupakan saluran yang bagus untuk mendukung fase pertimbangan perjalanan pembeli, meningkatkan konversi, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Baca lebih lanjut tentang peluang TikTok di posting blog ini - kami punya semuanya untuk Anda.
Apakah kekuatan terbesar TikTok selaras dengan apa yang ingin Anda capai dengan strategi media sosial Anda?
Peluang TikTok
Untuk pemasar sosial, TikTok menjadi semakin sulit untuk diabaikan. Itu adalah aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2021 dengan 656 juta unduhan (lebih dari 100 juta lebih banyak dari pesaing terdekatnya Instagram), sehingga jumlah total unduhan menjadi lebih dari 2 miliar di seluruh dunia.
Berlawanan dengan kepercayaan populer, TikTok bukan hanya untuk Gen Z, yang berarti pemasar dapat menjangkau kelompok usia lain di platform. Contoh kasus: Jumlah pengguna TikTok di AS berusia 35-55 tahun meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam setahun.
Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa merek tidak terlibat dalam TikTok. TikTok memiliki peluang besar untuk merek dan organisasi dari segala bentuk dan ukuran. Saat meluncurkan pembelian dalam aplikasi, yang lebih penting adalah merek ingin terhubung langsung dengan pelanggan—70% pengguna TikTok mengatakan bahwa mereka telah menemukan produk dan merek baru yang sesuai dengan gaya hidup mereka di platform, dan hampir setengahnya di TikTok. pengguna mengatakan mereka membeli sesuatu yang mereka lihat di aplikasi.
TikTok bukan hanya untuk merek konsumen: 13,9% pembuat keputusan B2B yang menggunakan riset sosial dalam pekerjaan mereka mengatakan bahwa TikTok memengaruhi keputusan pembelian mereka. Meskipun mungkin bukan platform yang paling jelas untuk konversi penjualan B2B langsung, TikTok menawarkan tempat yang bagus untuk membangun kepercayaan dan loyalitas merek:
- Pengguna TikTok 2, 4X kali lebih mungkin membuat pesan dan menandai merek setelah membeli produk daripada pengguna di platform lain
- 93% pengguna mengambil tindakan di TikTok setelah menonton video TikTok
- 38% pengguna TikTok mengatakan bahwa merek tersebut terasa otentik jika mengajarkan sesuatu kepada mereka
Memulai TikTok
Kami harap kami telah meyakinkan Anda tentang nilai TikTok sebagai media sosial strategi media untuk bisnis Anda. Apakah Anda merek ritel baru terpanas atau perpustakaan lokal di kota kecil, Anda akan menemukan rumah di TikTok.
Ikuti langkah-langkah ini untuk memulai.
Unduh aplikasi
Jika Anda belum melakukannya, unduh aplikasi TikTok dan sematkan pegangan merek. Lihat blog TikTok for Business kami untuk kiat menambahkan informasi ke profil Anda dan menggunakan pemirsa dan wawasan.
Tulis bio
Tulis bio cerdas (lihat bio rekan Anda untuk mendapatkan inspirasi) dan tambahkan tautan ke situs web Anda. Jika Anda ingin melacak lalu lintas yang dikirim oleh TikTok, pastikan untuk menambahkan UTM ke tautan Anda.
Dapatkan Tips TikTok
Memahami cara menavigasi kompleksitas TikTok. Membacanya seperti duduk di sebelah teman yang menjelaskan semuanya dengan bahasa yang sederhana. Kami berjanji untuk membuat Anda bangun dan berjalan dengan cepat.
Tonton, Dengar, Pelajari
Ikuti minat Anda di platform dan lihat konten dari pesaing Anda, industri yang berdekatan, dan pembuat konten untuk melihat apa yang mereka posting dan bagaimana mereka terlibat dengan audiens mereka.
Mengomentari video dari merek lain
Bagian komentar dari video TikTok adalah tempat yang tepat untuk mempelajari cara berbicara tentang TikTok. Ketika kami meluncurkan merek kami di platform, kami melihat bahwa secara proaktif mengomentari pos merek lain membawa banyak lalu lintas ke akun kami. Lihat bagaimana Hootsuite meningkatkan pengikut kami menjadi 11.5k dalam 10 bulan.
Coba buat video pendek
Pikirkan sketsa lucu tentang industri Anda, cobalah gerakan dansa, atau bagikan retasan kehidupan. Video tidak harus berkualitas tinggi—65% pengguna TikTok setuju bahwa video berpenampilan profesional dari merek terasa tidak pada tempatnya atau aneh di TikTok (Komunitas Global Ilmu Pemasaran dan Studi Ekspresi Diri 2021).
Anda akan melihat dari contoh di atas bahwa konten berfungsi lebih baik jika asli. Lihat tips dan trik di blog kami untuk memulai.
Komentar
Posting Komentar