Saat ini ada ledakan global di media sosial yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Ada beberapa jaringan yang mendapatkan daya tarik di industri dan membuat gelombang di antara pemasar dan bisnis; Ini bukan lagi hanya tentang platform sosial yang sudah mapan seperti Facebook dan Twitter.
Pertimbangkan pertumbuhan eksplosif dari pemain TikTok yang relatif baru, platform pilihan menonton video, atau Instagram, yang mengubah formatnya untuk memprioritaskan konten video pada tahun 2022. Kemudian, ketika platform mulai menarik audiens yang lebih besar dan menawarkan lebih banyak peluang untuk beriklan, pergeseran telah terjadi dalam demografi media sosial.
Apa tren media sosial teratas untuk B2C dan B2B pada tahun 2023? Berikut adalah lima tren teratas yang harus diperhatikan dan dipersiapkan pada tahun 2022 :
- Pemasaran di TikTok
- Bisnis Sosial yang Lebih Mudah
- Pemasaran dengan Influencer
- Munculnya iklan YouTube
- Membuat video Instagram (reels)
Pemasar tidak bisa lagi mengabaikan TikTok
Setiap pemasar yang bekerja di industri B2C atau B2B telah mendengar tentang TikTok. Sudahkah Anda mencoba bereksperimen dengan konten di platform atau apakah Anda menggunakannya dalam kampanye pemasaran Anda? Jika jawabannya tidak, maka melewatkan TikTok pada tahun 2022 bisa menjadi kesalahan besar.
.
TikTok adalah aplikasi gratis yang paling banyak diunduh, diikuti oleh YouTube dan Instagram, menurut Apple's App Store Awards 2021. Pengguna tidak hanya mengunduh aplikasi, mereka mengunduhnya dalam jumlah rekor. mereka juga membayarnya, menyebabkan laba bersih TikTok naik menjadi $ 535 juta pada kuartal kedua tahun 2021.
Ada juga kebebasan untuk bereksperimen di TikTok. Perusahaan Disney yang selalu inventif menampilkan video tur Disneyland dan cuplikan eksklusif di belakang layar, sementara rantai restoran Chipotle berfokus pada konten yang dibuat oleh karyawannya. Ada juga perusahaan khusus yang membuat banyak konten menyenangkan yang tidak memerlukan banyak perencanaan.
Perdagangan sosial berjalan lancar
Ketidakmampuan pelanggan untuk melakukan pembelian dalam aplikasi menjadi masalah bagi banyak pemasar karena media sosial memiliki audiens yang sangat terbatas. Pelanggan diarahkan ke situs web atau halaman arahan untuk melakukan pembelian saat mereka mengklik label atau gambar. Sekarang itu akan berubah!.
situs media sosial mulai melihat dampak perubahan yang memungkinkan pengguna berbelanja online tahun ini. TikTok dan Shopify telah bermitra, Instagram meningkatkan kehadiran ritelnya, YouTube menambahkan tag yang dapat dibeli ke video, dan Pinterest sekarang menawarkan toko online.
Sekarang jaringan sosial memiliki kekuatan seperti itu, perusahaan yang lebih cerdas tentang bagaimana mereka menggambarkan fasad mereka akan berhasil.
Sebagai pemasar, apa yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sempurna dan memastikan produk atau layanan Anda menonjol di media sosial?
Kiat lain untuk memanfaatkan sepenuhnya kekuatan perdagangan sosial pada tahun 2022 adalah ini:
Jadilah "manusiawi" saat menjawab pertanyaan dengan menawarkan rekomendasi, tautan, atau kode diskon.
Pertimbangkan bermitra dengan influencer untuk mempromosikan produk tag yang dapat dibeli.
Bekerja dengan analis untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam kinerja dan pengalaman pelanggan.
Tentukan audiens Anda dan libatkan mereka dengan bereksperimen dengan konten dan format pesan.
Pemasaran influencer membantu membangun kredibilitas
Pemasaran influencer menawarkan banyak potensi untuk merek. Kuncinya adalah memilih influencer yang tidak hanya mendukung bisnis Anda, tetapi juga mempromosikan kesadaran merek. Anda tidak selalu harus menghabiskan banyak uang dan mempekerjakan orang terkenal untuk membangkitkan rasa ingin tahu. begitu juga micro-influencer (mereka yang memiliki 1.000-10.000 pengikut).
Pertimbangkan, misalnya, merek kecantikan kontemporer Glossier. Berkat pasukan 500 duta merek, perusahaan melihat konsumen memposting gambar rutinitas dan produk kecantikan favorit mereka. Di dunia pascapandemi, keandalan dan fokus pada kesejahteraan adalah dua faktor terpenting bagi konsumen.
Menyelaraskan dengan kalender media sosial 2022 adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan influencer. Ini termasuk acara populer dan terkini seperti Hari Bumi, Hari Kucing Internasional, dan Halloween yang dapat Anda promosikan dengan influencer.
Pada akhirnya, kunci kesuksesan pemasaran influencer adalah menemukan influencer yang menambahkan keaslian dan "kenyataan" pada bisnis Anda.
Periklanan YouTube menawarkan aliran pendapatan baru
Di masa lalu, banyak pemasar ragu untuk mengunggah konten ke YouTube karena mereka pikir itu membutuhkan konten berkualitas TV.
UKM tanpa anggaran materi iklan yang besar dapat mengalami kesulitan untuk menghasilkan konten video berkualitas tinggi. Namun, YouTube telah banyak berinvestasi dalam mengotomatiskan beberapa hal ini, dan Google menawarkan berbagai alat yang memudahkan pembuatan konten video dengan cepat untuk digunakan sebagai iklan sela.
Dengan demikian, lebih banyak pengiklan dapat berpartisipasi dalam promosi tahun ini.
YouTube kini telah turun ke saluran. YouTube menjadi populer karena Google banyak berinvestasi dalam membantu orang menggunakannya untuk mempromosikan aktivitas mereka. Dulu tentang branding atau kesadaran merek. Banyak pengecer telah sukses besar menggunakan YouTube untuk mendorong penjualan dalam beberapa bulan terakhir."
Jangan biarkan keahlian Anda dalam memproduksi konten video membuat Anda keluar dari YouTube. Ada banyak potensi pada tahun 2022, dan sebagai jaringan, iklan YouTube masih cukup terjangkau dibandingkan dengan jaringan media sosial lainnya Hasilnya, kembangkan strategi pemasaran YouTube, kembangkan saluran Anda, dan dapatkan iklan!
Pembuatan Video Instagram yang Meledak
Langkah ini dilakukan karena Instagram ingin beralih dari aplikasi berbagi foto dan menjadi platform hiburan utama setelah menyadari bahwa audiensnya merespons konten video dengan kuat. Aplikasi berbagi video TikTok semakin populer, dan Instagram beradaptasi untuk bersaing.
Instagram bereksperimen dengan format video baru seiring perkembangannya, termasuk memperluas Stories dan memperluas jumlah efek Reel. Ada juga opsi untuk mengubah Instagram Stories menjadi klip gulungan, dan Pengelola Iklan Facebook menawarkan lebih banyak iklan video untuk dibeli.
Menjadi ahli di TikTok, Instagram, dan YouTube
Pelajari atau tingkatkan keterampilan media sosial Anda sekarang, karena 2022 memiliki banyak peluang bagi pemasar. Profesional pemasaran media sosial DMI mencakup semua tren terbaru dan mengajari Anda cara membuat strategi media sosial yang unggul, mengevaluasi data media sosial Anda, dan menggunakan bisnis sosial. Apa yang kamu tunggu?
Komentar
Posting Komentar